Ebook Gratis - Manfaat Minuman Herbal

MANFAAT MINUMAN HERBAL

A. Minuman Herbal
Minuman herbal merupakan minuman yang berasal dari bahan alami yang bermanfaat bagi tubuh. Minuman herbal biasanya dibuat dari rempah-rempah atau bagian dari tanaman, seperti akar, batang, daun, bunga, atau umbi. Minuman herbal dipercaya memiliki khasiat yang bermanfaat untuk penyembuhan penyakit. Khasiat tersebut berasal dari bahan aktif yang terkandung dalam tanaman. Salah satu inovasi bahan alami yang dapat dibuat minuman herbal adalah Temulawak.
Temulawak diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk fungsi hati, ginjal dan jantung. Tapi, siapa sangka ternyata mengkonsumsi air rebusan temulawak juga berguna untuk melancarkan ASI bagi ibu menyusui?

Inilah beberapa manfaat temulawak yang bisa Anda gunakan:
1. Memelihara Fungsi Hati
Salah satu manfaat temulawak yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia adalah untuk menjaga fungsi hati. Ini karena temulawak mengandung katagoga yang memproduksi empedu dalam hati serta merangsang pengosongan empedu.

Sejumlah uji klinik terhadap temulawak menemukan bahwa temulawak ternyata memberikan enzim yang dapat menurunkan kadar SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) dan SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Tranaminase). SGOT dan SGPT sendiri merupakan enzim yang terdapat dalam sel hati dan jumlahnya akan meningkat jika terjadi kerusakan.

Seperti dilansir Farmacia, sekitar 38 pasien yang menderita gangguan hati dan memiliki nilai SGOT dan SGPT di atas normal diberikan obat yang mengandung 25 miligram kurkuma atau temulawak, serta beberapa elemen lainnya. Hasilnya, ternyata pasien mengalami penurunan nilai SGOT dan SGPT yang cukup signifikan.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan
Manfaat temulawak yang lain adalah melancarkan proses pencernaan. Kandungan zat dalam temulawak diketahui mampu merangsang produksi empedu yang dapat membantu meningkatkan pencernaan. Tak ayal, temulawak mampu membantu penderita yang mengalami berbagai gangguan pencernaan, termasuk kembung, gas dan dyspepsia.

3. Menambah nafsu makan
Efek samping lain yang relatif tidak berbahaya dari temulawak adalah sebagai penambah nafsu makan. Zat aktif yang terkandung dalam temulawak, yaitu kurkuma, dapat mempercepat pengosongan lambung sehingga mengonsumsi temulawak dalam dosis rendah akan menambah nafsu makan. Tidak heran jika temulawak sering digunakan sebagai obat alami penambah nafsu makan bagi anak-anak yang susah makan.

Sebaiknya, konsumsi temulawak dengan cara tradisional, yaitu merebus temulawak dalam panci berisi air. Nantinya, air yang sudah bercampur dengan ekstrak temulawak dapat langsung diminum.
Namun, perlu diperhatikan agar tidak merebus temulawak menggunakan panci alumunium. Pasalnya, unsur dalam alumunium dapat bereaksi dengan senyawa aktif dalam temulawak sehingga dapat mengakibatkan keracunan pada tubuh.
Demikian manfaat temulawak untuk kesehatan beserta dengan efek sampingnya. Satu hal yang perlu diingat, meskipun temulawak memiliki banyak khasiat bagi kesehatan manusia, mengonsumsinya harus dilakukan dengan pengawasan dokter guna menghindari kondisi-kondisi yang tidak diinginkan.

Nah Penasaran ya...ayo segera DOWNLOAD 
trus simak ulasan lengkapnya.
JANGAN LUPA Sobat !!!! KOMENTARNYA...Kita khan teman Bro...


No comments

Powered by Blogger.