Nikmatnya Belajar

NIKMATNYA BELAJAR 

Allah SWT Berfirman :
“Allah meninggikan beberapa derajat(tingkatan) orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang berilmu (diberi pengetahuan), dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”


    Belajar adalah hal yang wajib dilakukan oleh manusia. Ini diperintahkan oleh Yang Maha Esa untuk semua mahkluk-Nya. Sejak kita dilahirkan sampai ke liang lahat perlu terus menuntut ilmu. Jadi pada dasarnya belajar itu sebuah kenikmatan. Dan akan terasa nikmat jika yang kita pelajari sesuai keinginan hati. 

  Sahabat…belajar sangat berhubungan erat dengan pembiasaan. Dimanapun keberadaan kita disitulah kita belajar. Belajar tentang kehidupan, belajar tentang lingkungan,  belajar bagaimana untuk bersosial maupun belajar untuk mengasah ketrampilan (skill). Seringkali kita merasa malas, bosan dan jenuh manakalah yang kita pelajari tidak sesuai dengan keinginan. Akibatnya konsentrasi otak untuk menyerap ilmu langsung tumpul alias terhenti.  Padahal komitmen diawal sebelum belajar adalah menambah pengetahuan agar kelak tujuan yang diidam-idamkan tercapai. Ada beberapa tip untuk meningkatkan kemampuan belajar Anda antara lain :

1. MULAILAH  DENGAN   DO'A

Benar ! tiga huruf “ D O dan A”  ( Didengar Oleh Allah) merupakan kunci kekuatan batin untuk menggerakkan daya tubuh seluruh makhluk hidup. Selama kita masih menghirup segarnya oksigen, maka ruh doa akan selalu menemani seluruh kegiatan manusia diatas bumi. Ketika kecewa, marah, gembira, putus asa maupun sempitnya hati wajibkanlah untuk melantunkan doa kepada Allah SWT. 
Karena hanya Dia-lah  yang Maha Mengobati, Maha Mengabulkan segala permohonan hambanya yang tidak mungkin menjadi mungkin, yang mustahil menjadi pasti, yang keras menjadi lembut, yang sempit menjadi lapang. Kerja otak kita lebih fokus dan konsentrasi akan menjadi kuat. Yang pada akhirnya apapun yang akan kita pelajari dan kerjakan menjadi efektif dan efisien.

2. BESARKANLAH  TUJUAN  DALAM  BELAJAR

Ya benar besarkanlah tujuan Anda dalam belajar, misalnya jika kita belajar tekun pasti akan mendapatkan ilmu apapun yang diinginkan baik itu ilmu pengetahuan untuk diri sendiri maupun untuk kemanfaatan orang lain, bukan sebaliknya....








3. JAGA KESINAMBUNGAN (ISTIQOMAH)

Ketekunan melakukan sesuatu pekerjaan bagi seorang peneliti bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tanpa ada rasa bosan dan jenuh. Semua itu dilakukan tidak dengan serta merta atau bim salabim abrakadabra ,tetapi dengan mengubah kebiasaan pribadi sedikit demi sedikit untuk membiasakan menggunakan waktu dalam rentang yang lama. 

Menjaga ke-istiqomah-an dalam belajar juga begitu. Jaga kesinambungan Anda belajar maka hasilnya akan luar biasa. Dimana ketekunan baru jika terus- menerus dilakukan akan menjadi semakin mudah , terbiasa sehingga menjadi kebiasaan yang diminta oleh tubuh untuk dilakukan. Percayalah..


4. ANGGAPLAH BELAJAR ADALAH PERMAINAN
    Orang bilang hidup adalah permainan. Jika itu sebuah permainan maka sering-seringlah untuk     
menang dalam permainan tersebut .Sehingga rasa percaya diri akan tumbuh dan terus bertambah. Anggaplah belajar adalah sebuah permainan yang harus dimenangkan. Dan bukankah bermain itu lebih menyita waktu daripada belajar disekolah? 

5. NIKMATILAH

Dalam hal belajar berbuatlah seperti itu. Jika Anda sudah memulai kebiasaan belajar dalam rentang waktu yang Anda tentukan maka bisa dipastikan Anda akan mempunyai kebiasaan baru untuk belajar lebih lama. Dan akan terus bertambah dan bertambah lama. Sehingga tanpa terasa Anda sudah mampu untuk menikmati bagaimana Anda belajar. Belajar dapat membuat pikiran terasah dan tajam. 

Akhirnya renungkanlah jika kita ingin mengetahui kedudukan kita disisi Allah maka perhatikanlah dimana Allah menempatkan dirimu dalam keluarga, pertemanan, ilmu maupun ibadahmu.

No comments

Powered by Blogger.